Laman

Laman

Kamis, 25 Juni 2015

Ilmu Hukum

INFO JURUSAN Ilmu Hukum
Ilmu hukum adalah mata pelajaran yang berpusat pada praktek hukum. Ilmu Hukum mencakup bidang yang luas meliputi hak asasi manusia, hukum kepemilikan hingga hukum perdagangan. Hukum mengatur ketertiban hidup bermasyarakat dengan memberikan peraturan jelas mengenai apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan.
APAKAH JURUSAN INI TEPAT UNTUK SAYA?
Jika Anda mempunyai minat tentang hukum, dan merasa perlu untuk memahami regulasi yang berlaku untuk menjamin kelancaran usaha ataupun karir Anda, Anda bisa memilih jurusan ini.
Jadwal kuliah di jurusan ini termasuk padat. Selain mempelajari banyak teori dan studi kasus di dalam kelas kuliah, para mahasiswa juga harus sering menghadiri diskusi mengenai cara menerapkan studi kasus ke dalam praktek hukum sehari-hari. Untuk memahami sebuah studi kasus dengan baik, sering kali para mahasiswa harus mencari bacaan tambahan atau pun mencari studi kasus yang serupa untuk dibanding-bandingkan. Oleh karena itu, para mahasiswa dituntut untuk mempunyai daya analisa yang tinggi serta pemikiran yang tajam dan kritis.
PROSPEK KERJA
Biasanya para mahasiswa yang menekuni Jurusan Ilmu Hukum mempunyai tujuan untuk mengejar karir sebagai advokat, pengacara, peneliti hukum ataupun sekretaris hukum.
Akan tetapi, keahlian di bidang hukum yang dipelajari semasa kuliah juga memungkinkan para lulusan untuk bekerja di bidang lain seperti bisnis dan keuangan, akuntansi, humanoira ataupun jurnalisme.
PROSES PERKULIAHAN
Syarat untuk masuk ke Program Sarjana adalah 3 nilai A atau setara. Lama kuliah berlangsung sekitar 3 tahun.
Untuk Program Pascasarjana, syarat masuknya adalah memiliki Gelar Sarjana dengan predikat yang bagus. Untuk nilai minimal yang diwajibkan tergantung dari masing-masing universitas. Lama perkuliahan bisa berkisar antara 1 hingga 4 tahun.
Bagi pelajar asing yang ingin mendaftar diwajibkan untuk memilik Sertifikat IELTS dengan nilai minimal 6.0-6.5.
MENENTUKAN TEMPAT KULIAH
Jika ingin memilih Jurusan Ilmu Hukum, Anda patut mempertimbangkan prestise universitas pilihan Anda. Apakah universitas tersubut mempunyai reputasi ternama di bidang Hukum? Selain itu Anda juga perlu mempelajari profil staf pengajar di universitas tersebut. Bagaimanakah reputasi dan profesi mereka di bidang hukum? Jurusan Legal Advice pada umumnya tidak mengharuskan Anda untuk mencari penempatan kerja. Akan tetapi, sebaiknya Anda berpartisipasi dalam kegiatan ekstra kurikuler. Ini akan memberi nilai tambahan untuk Anda di saat mencari kerja nanti. Untuk itu, periksalah apakah universitas pilihan Anda menyediakan berbagai kesempatan untuk ektra kurikuler atau bahkan memungkinkan Anda untuk mengambil penempatan kerja. Anda bisa bertanya langsung kepada layanan karir di universitas ataupun dari sumber lainnya.
Selain universitas, lokasi juga sangat penting. Anda akan belajar dan tinggal disana, sehingga sangat penting bahwa universitas pilihan Anda terletak di sebuah lingkungan di mana Anda bisa berkembang dengan baik secara sosial dan akademis.
Selain itu, Anda harus selalu melihat persyaratan masuk universitas dan keuangan Anda sendiri sebelum mengajukan aplikasi ke universitas pilihan Anda. Apakah Anda memiliki nilai yang tepat untuk masuk? Kemudian, hal yang perlu dipertimbangkan juga adalah apakah biaya kuliah beserta biaya hidup bisa Anda tangani? Jika Anda masih berjuang untuk mengamankan pendanaan, ada sejumlah beasiswa yang bisa membantu Anda.

sumber:"https://anangfachruddin96.wordpress.com/2014/07/11/apa-keunggulan-jurusan-hukum/"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar